Person inserting plug in flashdisk into usb port in laptop personal computer, data transfer device concept, close up

Langsung Cabut Flashdisk Tanpa Eject, Apa Efeknya?

Eject flashdisk sebelum dicabut dari media laptop/komputer, atau langsung cabut flashdisk tanpa di-eject keduanya benar tapi tergantung pada cara windows kita membaca flashdisk. Yang pertama, apabila kita menggunakan mode Better Performance.

Kenapa kita wajib meng-eject flashdisk pada mode ini ? Karena ketika kita melakukan penyimpanan atau copy data ke flashdisk, data tersebut tidak langsung tersimpan di flashdisk, melainkan masih berada dalam cache memory. Proses pemindahan ke chache memory ini sangat cepat, dan apabila kita membuka flashdisk kita, seolah-olah data yang kita simpan. Padahal sebenarnya data yang masih berada pada cache memory tersebut sedang dalam proses pemindahan oleh windows secara perlahan-lahan.

Terkadang ketika kita melihat data tersebut sudah ada, kita mengira data tersebut sudah tersimpan dalam flashdisk, dan kita langsung mencabutnya. Namun sebenarnya data yang kita lihat sudah ada di flashdisk itu belum tentu sudah tersimpan sempurna. Pencabutan flashdisk ketika data belum tersimpan sempurna dalam ini akan menyebabkan file corrupted di flashdisk.

kita tidak dapat mengetahui dengan pasti kapan data yang kita simpan atau kita copy tersebut telah dipindahkan dari cache memory dan tersimpan sempurna dalam flashdisk kita. Maka satu-satunya cara yang paling aman adalah meng-eject flashdisk sebelum kita mencabut flashdisk kita. Sekalipun sudah tidak ada proses penyimpanan ke dalam flashdisk.

Cara yang kedua adalah ketika kita menggunakan mode Quick Removal. Pada mode ini, kita aman untuk langsung mencabut tanpa mengeject¬≠ nya (tentu saja ketika kita sudah memastikan tidak ada data dari flashdisk yang masih terbuka dan sudah tidak ada proses penyimpanan atau copy yang terlihat).

Akibatnya, proses penyimpanan atau copy data berlangsung lebih lambat dibandingkan dengan mode better performance. 

Windows akan memaksa kita untuk menunggu hingga proses tersebut selesai, dan setelah proses itu selesai kita baru bisa menjalankan perintah lainnya. Ketika proses penyimpananatau copy data ini selesai, kita aman untuk mencabut flashdisk kita tanpa meng-eject nya sekalipun.

Nah, kesimpulannya dikarenakan, di¬≠-eject atau tidak, semuanya benar, tergantung pada mode yang kita gunakan. Dengan Better Performance Mode, prosesnya berlangsung lebih cepat, namun kita wajib meng-eject flashdisk untuk memastikan tidak ada lagi proses. Sedangkan dengan Quick Removal Mode, prosesnya berlangsung lebih lambat, namun ketika proses tersebut selesai, kita aman untuk mencabut flashdisk.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *